Kuliner Khas Medan Paling Legendaris dan Hits, Kamu Harus Coba!

Salah satu hal yang umumnya dicari oleh wisatawan saat berkunjung ke kota Medan adalah kekayaan cita rasa kuliner. Sebagai daerah pertemuan berbagai budaya, kuliner khas Medan pun begitu beragam. Pengaruh luar dari India, Cina, dan Eropa berpadu dengan kenikmatan ala Melayu dan Batak. Penasaran untuk mencicipi kuliner khas Medan? Yuk simak artikel tentang makanan khas Medan yang wajib kamu coba berikut ini.

Mie Gomak

Mie Gomak
Source: https://indonesia.go.id/ragam/kuliner/ekonomi/mie-gomak-spaghetti-dari-toba

Kerap disebut sebagai spaghetti ala Toba, Mie Gomak merupakan menu kuliner khas Medan  yang tak boleh dilewatkan. Bentuknya memang seperti pasta dari Italia, tetapi rasanya tetap menonjolkan kekhasan Batak. Hal itu karena hidangan ini menggunakan rempah-rempah yang hanya dapat ditemui di tepian Danau Toba, yaitu cabai, bawang, dan merica khas Andaliman. Mie Gomak disediakan dalam dua opsi, yaitu kuah atau goreng.

Nama Mie Gomak berasal dari kata “gomak” yang dalam bahasa Batak berarti dijumput dengan tangan. Usut punya usut, pada zaman dahulu, pengambilan seporsi mie dilakukan dengan tangan secara langsung dari panci ke piring. Meskipun cara tersebut tidak lagi lazim digunakan karena dianggap kurang higienis, tetapi beberapa rumah makan masih menerapkannya. Pedagang mie gomak melapisi tangan dengan kantong atau sarung tangan plastik untuk menjaga kebersihan.

Jika ingin menikmati Mie Gomak, Anda dapat menemukannya di kawasan Danau Toba, seperti daerah Porsea, Balige, Tarutung, Laguboti, hingga Tapanuli Selatan. Namun, rumah makan di Kota Medan dan Deli Serdang pun telah menjajakan sajian ini. Untuk mendapatkan seporsi Mie Gomak, Anda hanya cukup merogoh kocek mulai dari Rp15.000.

Soto Medan

Soto Medan
Source: http://maxfood.org/wow-5-kuliner-khas-medan-yang-wajib-dicicipi/

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto khas masing-masing. Di Medan, Anda dapat menemukan sajian soto yang tak kalah nikmat dengan soto yang kebanyakan berada di Jawa, seperti Soto Lamongan dan Soto Betawi. Keistimewaan Soto Medan adalah kuah santan kental yang berwarna kuning kehijauan dilimpahi dengan beragam lauk. Anda dapat memilih berbagai isian, seperti daging ayam, sapi, udang, tauge, bihun, dan daun bawang. Untuk kenikmatan maksimal, jangan lupa untuk menambahkan perkedel, kerupuk emping, atau rempeyek ke dalam kuah soto.

Salah satu tempat rekomendasi untuk menyantap kuliner khas Medan ini adalah RM Sinar Pagi yang berlokasi di Jalan Sei Deli No.2, Silalas, Medan Barat, Kota Medan. Saking populernya, rumah makan ini pernah disinggahi oleh Presiden SBY dan sejumlah public figure lainnya. Kedai soto medan ini buka sejak pukul tujuh pagi hingga tiga sore. Namun, disarankan untuk datang lebih awal saat jam makan agar bisa kebagian tempat duduk.

Lontong Medan

Lontong Medan
Source: https://m.traveloka.com/en-id/restaurants/article/cicipi-lontong-sayur-khas-medan-di-5-kedai-ini-578

Selain Soto Medan, Lontong Medan biasanya menjadi menu sarapan yang paling diburu oleh wisatawan. Hampir semua jalan di ibu kota Provinsi Sumatera Utara menawarkan kuliner khas Medan ini. Lontong Medan merupakan pilihan makanan yang wajib dicoba karena selain lezat, hidangan ini juga bergizi. Lontong Medan disajikan dengan kuah sayur, tauco, mie, bumbu kacang, sambal teri, kerupuk renyah, dan lontoh. Selain itu, biasanya Lontong Medan juga dapat dinikmati dengan telur dan perkedel.

Kedai Lontong Kak Lin yang berada di Jalan T. Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan Polonia adalah salah satu tempat terbaik untuk mencicipi Lontong Medan. Untuk seporsi hidangan ini, Anda hanya perlu menyiapkan Rp5.000 hingga Rp15.000. Dijamin perut kenyang tanpa membuat kantong kebobolan.

Apakah sudah ada menu khas Medan di atas yang pernah Anda coba? Jika belum sama sekali, maka berlibur ke Medan untuk sengaja menikmati berbagai kuliner khas ini menjadi pantas dilakukan. Sebelum Anda berlibur ke Medan, ada baiknya untuk mengetahui objek wisata lain di Medan dan sekitarnya dengan mengunjungi Wonderful Indonesia.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *