6 Istilah di Pertambangan dan Maknanya

Dunia pertambangan memiliki banyak jenis istilah yang mungkin tak dipahami oleh semua orang. Meskipun tidak terjun langsung di dunia tambang, tak ada salahnya kamu juga memahami istilah-istilah di bidang ini. Berikut adalah 6 istilah di pertambangan dan maknanya yang bisa membuka wawasanmu.

1. Ore

Batu yang didapatkan dari hasil penggalian atau penambangan disebut sebagai ore. Ore juga bisa ditemukan dalam bentuk logam dan non-logam. Agar kualitas dari ore meningkat dan harga jualnya tinggi maka dilakukan proses pengolahan dan pemurnian.

2. Chute

Lubang berukuran kecil yang berfungsi sebagai corong pemindahan ore disebut sebagai chute. Chute ini akan menghubungkan level paling tinggi dengan level paling rendah dalam penambangan. Sistem kerjanya mengandalkan prinsip gravitasi sehingga ore akan jatuh dengan sendirinya melewati chute.

3. Stope

Area penambangan yang dipilih sebagai proses pengambilan dan penyimpanan ore untuk sementara disebut dengan nama stope. Di area inilah akan dilakukan pemeriksaan dan pemilihan ore. Penambang juga akan memastikan keamanan wilayah penggalian di area stope ini.

4. Culvert

Parit atau gorong-gorong yang ada di sekitar wilayah tambang disebut dengan nama culvert. Culvert ini berfungsi untuk mengalirkan air dan terbuat dari beton maupun plat baja. Saat hujan, culvert akan menampung air hujan dan mengalirkannya keluar dari area tambang.

5. Level

Istilah yang satu ini digunakan untuk menggambarkan lubang galian berbentuk horizontal. Lubang ini biasa digunakan sebagai akses bagi para penambang untuk memasuki wilayah tambang. Level juga sering digunakan sebagai jalur untuk mengangkut alat maupun hasil tambang.
6. Shaft

Pasangan level, shaft merupakan lubang galian yang dibuat dengan bentuk vertikal. Shaft biasanya akan terhubung dengan level. Lubang vertikal ini memiliki ukuran yang sangat panjang dan biasanya digunakan sebagai pembuka jalan area tambang.

6. Cycle Time

Istilah ini dipakai untuk menunjukkan rentang waktu pekerjaan tertentu di area tambang yang memakai satu jenis alat. Cycle time pada dunia tambang akan menjadi petunjuk bagi para penambang dalam menyelesaikan tugas mereka di area penggalian.

Itulah tadi beberapa istilah di pertambangan dan maknanya yang bisa membantu memperluas wawasanmu.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *