Jangan Diabaikan! 5 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

Nyeri dada sebelah kiri sering terjadi bagi sebagian orang dan membuat panik karena tidak mengetahui penyebab nyeri tersebut. Biasanya, ini adalah masalah jantung yang perlu dikhawatirkan. Namun, penting untuk diketahui bahwa nyeri di dada kiri bukan hanya akibat serangan jantung, tetapi bisa dikarenakan penyebab lain.

1.        Pneumonia

Pneumonia merupakan salah satu penyebab yang bisa menimbulkan nyeri dada di bagian kiri. Pasalnya, pneumonia merupakan kondisi paru-paru yang sedang mengalami peradangan. Infeksi tersebut disebabkan karena bakteri.

Nyeri dada bagian kiri akan lebih terasa saat Anda menghirup napas dalam-dalam. Jika mengalami gejala tersebut segeralah beristirahat. Jangan ragu untuk pergi ke dokter jika frekuensi nyeri meningkat.

2.        Miokarditis

Nyeri di dada kiri juga dapat menunjukkan bahwa otot jantung meradang. Peradangan ini disebabkan oleh virus. Selain nyeri dada, kondisi ini juga bisa membuat Anda merasa sesak napas, irama jantung abnormal, dan kelelahan.

Miokarditis dapat melemahkan jantung atau menyebabkan kerusakan pada otot jantung. Ketika ini terjadi, otot jantung berkontraksi dan tidak mampu memompa darah ke bagian tubuh lainnya. Ini menyebabkan pembekuan darah di jantung, serangan jantung, atau stroke.

3.        Stres

Saat stres, nyeri dada mungkin muncul di sisi kiri. Seperti halnya penyakit jantung, Anda mungkin juga mengalami sesak dada yang semakin parah saat Anda stres. Gaya hidup juga dapat memberi tekanan pada jantung, menyebabkan penyempitan arteri dan nyeri dada kiri.

Perlu diketahui bahwa penyebab nyeri dada kiri dapat juga dipengaruhi oleh serangan panik dari stres ini. Timbulnya kepanikan yang tiba-tiba dapat menyebabkan detak jantung yang cepat. Sehingga terasa nyeri di bagian dada kiri.

4.        Masalah Pencernaan

Terkadang, berbagai masalah yang mempengaruhi sistem pencernaan dapat menyebabkan rasa sakit di dada kiri. Ini karena tulang dada berada tepat di depan beberapa organ pencernaan terpenting. Karena alasan ini, segala kondisi yang berhubungan dengan lambung, kerongkongan, atau usus dapat menyebabkan nyeri dada.

Salah satu masalah pencernaan yang menyebabkan nyeri dada paling umum adalah heartburn atau mulas. Mulas terjadi ketika asam lambung naik sampai kerongkongan. Nyeri dada  kiri juga bisa disebabkan oleh pankreatitis akut.

5.        GERD

Penyakit GERD juga dapat menyebabkan nyeri di dada kiri. GERD adalah penyakit asam lambung yang disebabkan oleh melemahnya katup antara lambung dan kerongkongan bagian bawah. Akibatnya, kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan sensasi terbakar di saluran pencernaan.

Gejala tersebut bisa menyebabkan rasa sakit di dada kiri. Karena asam lambung yang meningkat akan membuat rasa panas dan sakit. Sehingga berakhir dengan nyeri pada bagian dada kiri.

Membaca artikel tentang kesehatan adalah salah satu upaya untuk menjaga diri agar selalu sehat. Baca berbagai artikel dari Orami untuk menambah pengetahuan mengenai cara hidup sehat, gejala penyakit, dan topik terkait hidup sehat lainnya. Anda bisa mengaksesnya di manapun dan kapanpun melalui smartphone Anda.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.